Selamat bergabung di blog SMP Negeri 2 Buahdua Sumedang

Rabu, 04 November 2009

KEGIATAN SISWA

SMPN 2 BUAHDUA SUMEDANG


Mulai Tahun Pelajaran 2008-2009 Pengembangan Diri Siswa Di SMPN 2 Buahdua dilaksanakan pada satu hari yaitu Sabtu. Setiap hari Sabtu seluruh siswa SMPN 2 Buahdua mengikuti kegiatan pengembangan diri sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing dibimbing oleh guru pembimbing yang ditugaskan oleh sekolah.

Di SMPN 2 Buahdua siswa diberi keleluasan untuk mengembangkan bakat serta minatnya serta dibimbing guna menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kehidupannya baik sekarang maupun di masa yang akan datang..

Kegaiatan pengembangan diri ini meliputi kegiatan akademik seperti Matematika, IPA,Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Sunda Serta kegiatan non akademik seperti Pramuka, PMR, Paskibra, Bola Voli, Sepak Bola, Seni Karawitan. Selain itu di SMPN 2 Buahdua juga dikembangkan pengembangan diri yang memberikan kecakapan atau keterampilan yang sangat berguna sebagai bekal hidup siswa baik sekarang maupun dimasa yang akan datang serta berpotensi untuk mendapatkan penghasilan yaitu pengembangan diri merajut, membordir dan automotif.

Setelah hampir satu tahun pelaksanaan kegiatan pengembangan diri dilaksanakan pada satu hari penuh yaitu hari Sabtu, kini sudah mulai menunjukan hasil yang cukup signifikan kearah kemajuan. Berbagai pretasi diraih oleh siswa dan siswi SMPN 2 Buahdua selama tahun pelajaran 2008/2009.

Pada pengembangan diri non akademik misalnya pada kegiatan olehraga dimana Tim Bola Voli Putra SMPN 2 Buahdua berhasil meraih juara ke dua Tingkat Provinsi Jawa Barat pada Kejuaraan Bola Voli Mesa Al-Ma’soem 2009. Dan pada kejuaraan bola voli dalam rangka Hardiknas Tingkat Kecamatan Buahdua tim bola voli putra berhasil meraih juara kedua sementara di bagian putri juara pertama.

Dicabang olahraga tenis meja juga berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan dimana pada bagian putri siswi SMPN 2 Buahdua yaitu Beby Stevani berhasil meraih juara Ke Kesatu tingkat Kecamatan dan Juara II tingkat Kabupaten Sumedang. Sementara pada bagian putra berhasil meraih juara ke dua tingkat kecamatan atas nama Adi. Begitu juga pada cabang olahraga sepak bola, Tim Sepakbola SMPN 2 Buahdua berhasil meraih Juara Ke Satu pada kejuaraan Sepak Bola Mini/Futsal tingkat Kecamatan Buahdua setelah pada pertandingan final berhasil mengalahkan SMPN 1 Buahdua.

Hasil yang membagakan juga diraih oleh pengembngan diri Pramuka, dimana siswa SMPN 2 Buahdua pada Kejuaraan Lomba Lintas Alam Se Jawa Di SMAN 1 Sumedang meraih juara III. Sementara prestasi yang diraih dalam bidang akademik ditunjukan oleh pengembangan diri Bahasa Sunda yang berhasil meraih Juara ke II Lomba Baca Dongeng Bahasa Sunda Tingkat Provinsi Jawa Barat Pada Mesa Al-Ma’soem 2009 atas nama Muhamad Azis. Begitu juga pada bidang studi matematika dimana regu LCT Matematika SMPN 2 Buahdua Berhasil Lolos ke Babak kedua meskipun belum menjadi juara.

Pada pengembangan diri merajut,border, dan automotif pun menunjukan hasil yang cukup baik terutama merajut. Kini hasil karya siswa di bidang merajut sudah menghasilkan produk yang layak jual serta sudah mulai dipamerkan dan dipasarkan.

Disamping menunjukan hasil yang baik pelaksanaan pengembngan diri pada satu hari pada jam KBM yaitu masih menimmbulkan masalah yang perlu mendapat perhatian bersama untuk menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah tersebut diantaranya tingkat ketidakhadiran pada hari tersebut cukup tinggi dan siswa yang tidak mengikuti pengembangan diri apa pun pada hari tersebut, walaupun namanya tercatat sebagai peserta suatu pengembangan diri.

0 komentar:

About This Blog

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP